ALUMNI SMK NEGERI 01 SANGGAU al: Reuni Akbar Alumni SMKN 01 Sanggau

Selasa, 25 September 2012

Reuni Akbar Alumni SMKN 01 Sanggau



I.      DASAR PEMIKIRAN


Pendidikan merupakan salah satu proses penting yang dibutuhkan oleh manusia agar memiliki pemahaman terhadap sesuatu. Oleh karena itu, pendidikan sangat dibutuhkan oleh setiap orang tanpa memandang gender, usia, maupun status sosial. Terutama bagi anak anak yang akan menjadi generasi penerus bangsa.
Proses untuk mengetahui sesuatu dari apa yang tidak diketahui, memahami lebih dalam terhadap apa yang sudah diketahui, serta mengaplikasikan apa yang sudah dipahami merupakan proses pendidikan itu sendiri. Karena itu pola hidup dan pola sikap seseorang sangat dipengaruhi oleh pendidikan yang pernah diperolehnya.
Masalahnya, tidak semua anak Indonesia beruntung bisa menikmati pendidikan yang sesunggunya menjadi hak setiap anak bangsa untuk mendapatkannya. Negara dengan segala keterbatasannya, belum mampu menyelenggarakn pendidikan yang murah atau bahkan yang bebas biaya. Pendidikan di Indonesia pada faktanya tetap mengharuskan setiap anak bangsa yang ingin menikmati pendidikan harus ikut membiayainya. Alasan ini pula yang membuat anak bangsa yang secara ekonomi kurang beruntung, kerap kali tertinggal dan kehilangan kesempatanuntuk menikmati pendidikan yang memadai.
Menyadari pentingnya pendidikan bagi anak bangsa dan menyadari bahwa pemerintah belum sepenuhnya mampu menyelenggarakan pendidikan dengan biaya murah, maka peran masyarakat menjadi penting dalam membantu penyelenggaraan pendidikan, terutama pendidikan dasar dan menengah. Dengan dasar pemikiran dan kondisi obyektif saat ini maka kehadiran sebuah niat dan pemikiran yang mampu membantu memfasilitasikan anak usia sekolah, untuk bisa menikmati pendidikan memadai yang dirasakan sangat diperlukan.
Jumlah Alumni SMEA - SMKN Negeri 01 Sanggau telah mencapai angka ribuan, namun pada saat ini system pegelolaan alumni belum terorganisir walaupun banyak media-media virtual berdiri mailinglist ataupun group-group perangkatan bermunculan. Padahal dengan jumlah alumni yang sebesar itu merupakan potensi yang baik untuk mengikutsertakan alumni dalam meningkatkan kemajuan pendidikan di sekolah. setiap alumni paling tidak memiliki kepeduliaan yang besar terhadap perkembangan sekolah. Seiring dengan berlalunya waktu dan jarak memisahkan antara siswa lulusan SMEA – SMK Negeri 01 Sanggau mulai dari angkatan 1974 hingga 2011, sehingga tidak memungkinkan bertemu satu dengan yang lainnya untuk menjalin tali silahturahim, dengan adanya reuni ini di harapkan tali silahturahim dapat lebih di eratkan lagi.
Konkretnya, mungkinkah para alumni berbuat sesuatu hal kecil, namun bermanfaat bagi pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas ?.

II.      MAKSUD DAN TUJUAN

Berkaitan dengan rencana penyelenggaraan Reuni Akbar Tahun 2013 nanti diharapkan akan mampu menjadi wadah, sekaligus memberikan nafas segar dan dan menghapus dahaga untuk menyimak kembali kenangan para alumni dan civitas akademika SMEA – SMK Negeri 01 Sanggau, sekaligus mempererat tali silaturahim sekitar 1000 alumni dan sejumlah undangan lainnya yang akan hadir, selain itu beragam prestasi yang berhasil di raih oleh SMEA – SMK Negeri 01 Sanggau, kiprah alumninya pun telah mewarnai berbagai bidang dan menduduki posisi kunci seperti di pemerintahan, lembaga tinggi Negara, TNI/POLRI, perbankan, pers, hukum, sosial dan budaya serta bidang bidang lainnya
Namun demikian kita tidak menutup mata masih ada Alumni SMEA - SMKN Negeri 01 Sanggau yang karena sesuatu dan lain hal bernasib kurang beruntung. Kami berharap melalui pelaksanaan Reuni Akbar tahun 2013, mampu menjembatani berbagai perbedaan yang ada di antara para alumni. Salah satunya adalah dengan memberikan dukungan dari semua pihak demi terselenggaranya Reuni Akbar 2013 ini, baik dalam bentuk materi maupun non materi termasuk berbagai pemikiran jangka panjang demi kelanjutan kiprah alumni yang dapat dirasakan manfaatnya, khususnya bagi SMEA – SMK Negeri 01 Sanggau dan para alumninya maupun masyarakat pada umumnya.
Selain untuk bertemu kangen, reuni ini juga bisa dijadikan arena bertukar informasi antara teman sesama alumni dalam ajang bisnis. Bisa juga untuk saling berbagi pengalaman mendapatkan kesuksesan dan yang tidak kala pentingnya bisa berbagi untuk adik-adik yang masih di bangku sekolah. Kepedulian tanpa memandang perbedaan merupakan dasar untuk menjalin persahabatan agar tetap abadi serta jalan untuk mewujudkan angan-angan dan cita-cita dalam rangka beribadah dan silahturahim.

III.   TEMA DAN FORMAT ACARA

Acara Reuni Akbar ini diadakan mulai dari angkatan 1974 sampai dengan angkatan 2011 di mana temanya adalah:
“ Kembali untuk bersatu mempererat tali silahturahim”
Bentuk kegiatan indoor dan akan dilaksanakan pada :

            Hari & Tanggal           : Sabtu, 12 Januari 2013
            Waktu                         : 08.00- Selesai
            Tempat                       : SMEA – SMK Negeri 01 Sanggau
            Alamat                       : Jalan Sudirman Sanggau

Materi acara yang akan dilaksanakan pada reuni akbar SMEA – SMK Negeri 01 Sanggau adalah :
-       Sosialisasi dan deklarasi pembentukan wadah resmi “IKATAN ALUMNI SMEA – SMK Negeri 01 Sanggau
-       1. Berbagi cerita tempo dulu (alumni periode 1974 – 2011)
-       2. Ramah tamah
-       3. Hiburan music
-       4. Penyerahan cindera mata kepada SMEA – SMK Negeri 01 Sanggau
-       5. Bazaar
-       6. Door Prize / games

Tidak ada komentar:

Posting Komentar